Peristiwa Bulan Muharram yang Perlu Diketahui dan Dicatat!

Sesaat lagi, kaum muslim akan menyongsong yang bernama tahun baru Islam. Tahun ini, tahun baru hijriah jatuh di tanggal 30 Juli 2022. Beberapa hal yang sering dilaksanakan oleh kaum muslim dunia dalam menyambutnya. Tetapi, dari sisi perayaan yang beragam macam itu, ada sebuah kejadian yang menemani bulan awal pada tahun baru Islam, yaitu bulan Muharram.

Untuk mayoritas muslim, tentu saja memahami, jika kelebihan bulan awal tahun Hijriyah ini banyak. Dan banyak pula kelebihan yang disarankan untuk dilaksanakan. Selainnya banyak memiliki kelebihan, pada bulan ini rupanya banyak memiliki riwayat yang terekam.

Untuk menambahkan pengetahuan mengenai riwayat Islam pada bulan Muharram, berikut akan sedikit ada ulasan berkenaan kejadian yang terjadi pada bulan Muharram.

Sejarah Singkat Bulan Muharram

Bagaimana bulan asal mula kata Muharram? Di bahasa Arab, kata ini datang dari kata “haram” yang memiliki arti suci atau terlarang. Kata berikut yang selanjutnya diambil untuk memberikan nama bulan awal tahun Hijriah. Mengapa? Karena, jaman dulu, pada bulan ini dilarang untuk berperang dan membunuh. Larangan ini juga terus berlaku sampai agama Islam tiba.

Dahulunya, saat sebelum kehadiran Islam, bangsa Arab tidak mempunyai angka tahun. Mereka biasa menyebut tahun itu dengan kejadian yang sedang terjadi saat itu. Misalkan saja tahun Gajah, tahun di mana terdapat gerombolan pasukan gajah yang ada di bawah pimpinan Abrahah diperintah untuk merusak Ka’bah.

Sampai pada kepimpinan Umar bin Khattab RA, kalender Islam ini tercetus dengan persetujuan bersama dengan beberapa teman dekatnya. Kalender itu dinamakan kalender Hijriah, diambil dari tahun hijrahnya Nabi Muhammad SAW. Lantas selanjutnya, tahun Islam ini, diawali dengan bulan Muharram.

Kejadian Apa Saja yang Terjadi Pada Tanggal 1 Muharram?

Banyak kejadian yang termasuk utama di 1 Muharram atau di sejauh bulan Muharram ini. Bahkan juga, konon, banyak pula beberapa hal yang terjadi, bahkan juga jauh saat sebelum periode Nabi Muhammad. Apa kejadiannya? Beberapa kejadian yang terjadi salah satunya yakni:

  • Diterimanya taubat Nabi Adam As oleh Allah SWT
  • Pada saat Muharram ini, kapal Nabi Nuh menepi di bukit Zuhdi dengan selamat, sesudah banjir besar yang menerpa dunia dan memusnahkan mayoritas manusia
  • Selamatnya Nabi Ibrahim dari siksa api dari Raja Namrud
  • Di bulan ini, Nabi Yusuf bebas dari penjara Mesir karena fitnah yang sempat diterimanya
  • Selamatnya Nabi Yunus dari perut ikan yang menelannya
  • Allah mengobati penyakit Nabi Ayyub
  • Pada bulan ini, Allah selamatkan Nabi Musa dan golongan Bani Israil dari dikejar Raja Fir’aun.

Kejadian di Bulan Muharram Sesudah Islam Tiba

Selainnya tujuh kejadian di atas, ada pula beberapa kejadian yang terjadi pada bulan Muharram sesudah hadirnya Islam. Apa sajakah? Berikut daftarnya:

  • Pada Muharram 1 H, sesudah terjadi Baiat Aqabah II, ada kemauan untuk pindah ke Madinah
  • Berlangsungnya perang Khaibar pada 7 H yang dimenangi oleh umat muslim
  • Umar bin Khatab disemayamkan pada 1 Muharram 7 H sesudah dibunuh oleh Abu Lu’lu’ah
  • Pada 10 Muharram 61 H, sebuah bencana besar terjadi. Kejadian itu ialah dibunuhnya cucu Nabi Muhammad SAW yaitu Husain dan keluarganya di Karbala.

Tersebut beberapa kejadian yang terjadi di bulan awal tahun Hijriyah pada umumnya. Ada kejadian monumental yang terjadi pada 10 Muharram. Kejadian yang selanjutnya membuat tanggal ini jadi tanggal yang sering diperingati sebagai lebaran anak yatim. Apa kejadian yang terjadi pada 10 Muharram?

Kejadian 10 Muharram yang Bersejarah

Mengacu pada situs NU, 10 Muharram ini kerap dikatakan sebagai Assyura. Asyurra diambil dari kata Al-Asyir yang maknanya ke-10. Berikut ada banyak kejadian monumental yang terjadi pada 10 Muharram:

1. Allah Terima Taubat Nabi Adam As

Pada 10 Muharram, Allah memaafkan dosa Nabi Adam As dan terima taubatnya sesudah makan buah khuldi. Karena kekeliruannya itu, Allah turunkan Nabi Adam ke Bumi dan Nabi Adam mengetahui kekeliruannya itu sampai bertaubat sepanjang tahun.

2. Nabi Idris Dinaikkan Derajatnya

Pada tanggal dan bulan ini, Allah mengusung Nabi Idris ke arah tempat yang semakin tinggi di langit sana karena karakternya yang selalu berbelas kasihan ke tiap orang.

3. Nabi Musa As Diberi Kitab Taurat

Sesudah sukses terlepas dari pasukan Fir’aun, di bukit Thursina, Nabi Musa As dianugerahkan Kitab Taurat oleh Allah.

4. Nabi Ibrahim Sebagai Kekasih Allah

Pada tanggal 10 Muharram, Nabi Ibrahim pernah didakwa sebagai perusak berhala pada tempat penyembahan Raja Namrud. Dia selanjutnya dilempar ke api. Tetapi, atas kuasa Allah Nabi Ibrahim terbebas dari siksaan itu.

5. Selamatnya Kapal Nabi Nuh di Bukit Zuhdi

Kejadian penting selanjutnya ialah turunnya Nabi Nuh bersama umatnya dari kapal yang selamatkannya dari bajir bandang yang mengambil mayoritas manusia di bumi.

6. Bebasnya Nabi Yusuf

Peristiwa penting yang terjadi pada 10 Muharram, yaitu bebasnya Nabi Yusuf As dari penjara Mesir. Mempunyai muka tampan, membuat Zulaikha, istri majikannya tertarik kepadanya, dan berkali-kali memperdayai Yusuf supaya terperosok ke tindakan Zina.

Tetapi, Zulaikha menjelaskan ke si suami, jika Yusuf ingin memerkosanya, akhirnya dia dipenjara. Dan pada 10 Muharram, Nabi Yusuf As dibebaskan atas bantuan Allah SWT.

7. Pertemuan Nabi Yakub dan Nabi Yusuf

Sesudah 40 tahun pisah, Nabi Yakub As, pada akhirnya kembali disandingkan dengan putranya yaitu Nabi Yusuf As di 10 Muharram.

8. Keluarnya Nabi Yunus As dari Perut Ikan

Pada hari Asyura ini, Allah dengar dan merestui keinginan Nabi Yunus As untuk menyelamatkan beliau dari perut ikan nun.

9. Kembalinya Kerajaan Nabi Sulaiman As

Nabi Sulaiman pernah kehilangan kerajaannya karena tertipu memercayakan cincin sakti ke setan yang berbentuk istrinya. Karena itu, beberapa kemampuannya lenyap. Tetapi, sang hari Asyura, Allah kembalikan kerajaannya yang sempat lenyap.

10. Nabi Isa Diangkat ke Langit

Allah pernah mengganti Nabi Isa dengan Yahuza supaya terbebas dari kekejaman golongan Bani Israil. Dan pada 10 Muharram, Allah mengusung Nabi Isa ke langit sebagai pertanda penghormatan.

Kelebihan Apa yang Ada Pada Bulan Muharram?

Sebagai muslim, pasti Anda memahami, jika di bulan awal tahun Hijriah ini banyak memiliki kelebihan dan kelebihan. Apa kelebihan bulan ini?

  • Bulan ini ialah bulan Allah SWT
  • Dapat lakukan puasa Asyura, puasa yang sanggup hapus dosa satu tahun yang sudah lalu
  • Baik untuk perbanyak amal sedekah
  • Baik dipakai untuk menengok orang sakit

Kejadian-peristiwa penting bulan Muharram di atas, dapat Anda tulis sebagai ilmu dan pengetahuan untuk mempertebal keimanan ke Allah SWT.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *